Berlatih Teknik Budidaya Tanaman Kopi

Uncategorized

(Polinela, 27/10/2022). Sebagai perguruan tinggi vokasi, Polinela mempunyai keunggulan berupa porsi praktik yang diberikan kepada mahasiswa jauh lebih besar daripada perguruan tinggi akademik. Kegiatan praktik diberikan dalam praktikum di laboratorium, praktik di kebun percobaan, hingga terjun langsung ke perkebunan/usaha terkait.

Salah satu kegiatan yang dilaksanakan pada Mata Kuliah Budidaya Tanaman Kopi misalnya. Pada praktikum yang diberikan, mahasiswa diminta untuk berlatih memangkas bentuk batang tunggal kopi. Langkah pemangkasan pada budidaya tanaman kopi merupakan salah satu proses untuk menjaga kesehatan tanaman kopi serta menentukan percabangan tanaman kopi yang ideal sebagai tempat tumbuhnya buah kopi yang bermutu baik.

Kegiatan praktikum dilaksanakan di Kebun Koleksi Kopi yang dikelola oleh UPT Kebun Polinela. Seluruh mahasiswa diberikan kesempatan untuk melakukan teknik pangkas tanaman kopi secara mandiri. Hal ini untuk memastikan agar setiap mahasiswa dapat memperoleh keterampilan yang diamanatkan oleh badan kurikulum program studi.