Mencangkok Lamtoro: Penaung Tanaman Kopi

Uncategorized

(Polinela, 09/11/2022). Dalam pengelolaan perkebunan kopi, keberadaan tanaman penaung sangat penting  keberadaannya. Tanaman penaung merupakan tanaman yang sengaja ditanam untuk menaungi tanaman budidaya dari energi matahari yang berlebih. Tanaman penaung pada perkebunan kopi dan kakao juga ditanam sebagai penyangga (buffer) lingkungan yang kurang sesuai bagi tanaman budidaya, sehingga iklim mikro akan lebih optimal. Tanaman penaung dapat menahan laju intensitas cahaya matahari, membatasi rentang yang jauh antara suhu siang dan malam, menahan angin dan mencegah erosi.

Pada Mata Kuliah Dasar-Dasar Pengelolaan Perkebunan, mahasiswa diasah keterampilannya dalam melakukan perkembangbiakan vegetatif salah satu tanaman yang populer sebagai tanaman penaung, yaitu tanaman lamtoro (Leucaena sp.). Pohon lamtoro mempunyai batang yang kuat sehingga tidak mudah patah. Lamtoro sering dimanfaatkan sebagai tanaman peneduh karena memiliki daun yang kecil serta percabangan yang mudah diatur. Pohon lamtoro sebagai penaung dapat menjadi pengatur iklim mikro lingkungan.

Pada praktikum yang telah dilaksanakan, digunakan lamtoro jenis L2 yang cocok untuk dataran rendah. Keunggulan jenis ini adalah tidak menghasilkan biji sehingga tidak menimbulkan masalah gulma bagi pertanaman kopi. Lamtoro L2 yang diperbanyak dengan cangkok memiliki keunggulan lebih cepat tumbuh dan berfungsi sebagai pohon penaung, namun distribusi lebih sulit dan mahal karena volume yang relatif besar.